TOURISM

Kategori Tourism memuat mata kuliah pada jalur pariwisata (Tourism Pathway) yang menyediakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk Industri pariwisata. Mata kuliah-mata kuliah Pengelolaan Destinasi, Pemasaran Pariwisata, Pengembangan Kreatifitas Atraksi Wisata, Pariwisata Olahraga dan Rekreasi, merupakan contoh dari subjek pada kategori ini.

Mata Kuliah TUR3220 mengeksplorasi persinggungan dan perkembangan antara olahraga dan pariwisata sebagai industri global yang keduanya tumbuh dengan pesat dan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Fokus utama sport tourism adalah kompetisi olahraga
elite, mega-acara olahraga, rekreasi dan partisipasi olahraga, kegiatan petualangan, olahraga subkultur dan beragam olahraga bisnis. 

Tujuan pembelajaran mata kuliah ini adalah supaya mahasiswa  memperoleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam:

  • memahami dan mengartikulasikan secara jelas hubungan antara olahraga, rekreasi dan pariwisata (termasuk perjalanan untuk acara olahraga, untuk berpartisipasi atau menonton olahraga, wisata dengan motivasi untuk mengenang tempat olahraga dan/atau olah
    ragawan favorit, olahraga sebagai motivasi motivasi sekunder dalam melakukan perjalanan wisata, olahraga dan pariwisata untuk tujuan branding dan marketing destinasi).
  • mengidentifikasi tempat-tempat olahraga utama dan peristiwa di Indonesia dan dampaknya terhadap ekonomi lokal
  • mendiskusikan tentang isu-isu inisiatif pengembangan pariwisata olahraga dan rekreasi di tingkat lokal dan nasional, 
  • memahami bagaimana instansi pemerintah dan sektor swasta kelompok bekerja bersama untuk mendorong pertumbuhan acara olahraga dan kegiatan,
  • mengidentifikasi berbagai bisnis dan manajemen pariwisata olahraga  dan rekreasi dengan dukungan teori dan aplikasi yang berhubungan dengan pariwisata olahraga, ruang dan waktu,
  • mengidentifikasi langkah-langkah yang digunakan untuk mempromosikan acara event pariwista olahraga besar,
  • mengerti bagaimana menyusun dan melaksanakan proposal event pariwisata olahraga.
Atraksi merupakan satu komponen dari produk pariwisata sebagai daya tarik wisatawan mengunjungi suatu destinasi ataupun objek daya tarik wisata.  Atraksi wisata ini mudah ditiru dan mudah usang sehingga selalu diperlukan pembaharuan dan inovasi terhadap produk-produk tersebut.  Di sisi lain, wisatawan (sebagai demand factor) mempunyai orientasi dan pergeseran motivasi  dalam mengunjungi destinasi dan menikmati atraksinya.  Jika sebelumnya cukum dengan melihat, melakukan dan membeli, kini orientasi tersebut bertamban dengan upaya untuk mendapatkan pengalam maksimal. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kreatifitas dalam menciptakan inovasi atraksi.  


Mata kuliah ini dirancang untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki kreatifitas melalui penguasaan cara berfikir kreatif, berlatih tantangan kreatif serta mengemas atraksi wisata, menguasai konsep produk dan atraksi wisata serta memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi motivasi wisatawan dalam mengunjungi objek dan daya tarik wisata.

Catatan Kursus

Kuliah sambil kerja

  Menata desa wisata secara bersama sama  

Pengembagan Desa Wisata Berelanjutan

Desa Wisata berkelanjutan merupakan desa yang dibangun guna menjangkau keberlanjutan di dara dan di laut

Panduan Pengembangan Homestay

Homestay merupakan akomodasi di desa wisata yang terintegrasi sebagai antraksi di desa wisatata

Course Calendar

December
SunMonTueWedThuFriSat
0000000
0000000
0000000
0000000
0000000
0000000